Hasil cetak printer Bergaris dan putus - putus ? Inilah yang perlu kalian periksa

Hasil cetak printer Bergaris dan putus - putus ? Salah satu hal berikut mungkin penyebabnya .


Mengalami masalah printer mencetak bergaris dan putus - putus sering kali di temi pada printer Epson, Canon , Hp , dan beberapa merek printer lain . Kenapa bisa printer mengeluarkan hasil cetak yang jelek seperti itu ? biasanya karena printer terlalu sering sekali digunakan , ataupun printer sudah lama tidak terpakai .

Cara mengatasi Hasil cetak bergaris dan putus - putus
Cara mengatasi Hasil cetak bergaris dan putus - putus 

Printer yang mengalami masalah seperti ini memiliki beberapa macam penyebabnya .Resiko yang sangat parah jika printer mengalami masalah ini yaitu harus membeli catridge baru , dengan mengganti catridge itu akan sangat merugikan kalian karena harga catridge lumayan menguras dompet :3 .Kurang maksimalnya pengetahuan tentang masalah ini pasti menyebabkan bingung . Tapi untuk lebih pastinya kalian dapat memeriksa dengan cermat dan mencocok kan dengan beberapa penyebab printer bergaris dan hasil cetak putus - putus yang akan printer-hero jabarkan berikut ini :

Masalah - Masalah yang sering Terjadi Hingga Mengakibatkan Printer Mencetak Bergaris dan putus putus :


1.Tersumbatnya Head Catridge

Tersumbatnya Head Catridge

Tersumbatnya Head Catridge

  • Hal ini terjadi karena beberapa masalah seperti , Lama membiarkan printer tidak melakukan cetak alias (terlupakan) sehingga menyebabkan tinta menggumpal di bagian head catridge , tabung infus ataupun daerah printer yang kurang terjaga kebersihanya , biasanya debu dan kotoran akan masuk kedalam tabung dan menjadii satu dengan tinta , sehingga menjadi gumpalan yang membuat head catridge tersumbat .
    Cara Mengatasi :
  • Bersihak secara halus di bagian head dengan tisu
  • Rendam Dengan air hangat ( Kurang di rekomendasikan )
  • Jika perlu bawa catridge ke service terdekat , untuk di lakukan penyedotan dengan alat khusus.


2. Bagian Timing Strip / Encoder Kotor dan Terkena Tinta .

Cara mengatasi hasil cetak printer bergaris dan putus putusCara mengatasi hasil cetak printer bergaris dan putus putus


  • Timing Strip atau yang lebih sering di sebut Encoder printer jarang sekali di pikirkan pada masalah hasil cetak bergaris dan putus - putus ini , padahal sering kali encoder ini menjadi penyebabnya .Biasanya terjadi karena seringnya printer bekerja , dan sesekali ada hasil cetak yang nyangkut atau paper jam , menyebabkan encoder menjadi terkena tinta dan kotoran . hal ini menyebabkan encoder susah terbaca oleh mesin di bagian rumah catridge .
    Cara Mengatasi :
  • Bersihkan Encoder yang berada di bagian belakang rumah catridge dengan Tisu halus . usahakan membersihkannya secara hati - hati , dan menyeluruh.

3. Lakukan Head Cleaning atau pembersihan bagian cetak 

Head Cleaning pada Printer Epson untuk mencetak tidak bergaris dan putus- putus
Head Cleaning pada Printer Epson 

  • Head Cleaning perlu di lakukan jika kalian mendapati printer kalian mencetak dengan hasil yang bergaris dan putus - putus . tapi sebelum melakukan head cleaning ada baiknya kalian melakukan Nozle Check untuk mengetahui hasil dari cetak normal Catridge dalam keada'an seperti apa . dan jika hasilnya tidak seperti contoh(sempurna) yang di tayangkan di layar . maka kalian wajib melakukan Head Cleaning / Cleaning untuk mengeluarkan (membersihkan) sebagian tinta di bagian catridge agar hasil cetak menjadi sempurna dan lancar .  

 4. Tinta tidak tersalurkan ke catridge

  • Bagi kalian yang menggunakan printer dengan modifikasi infus , pasti akan mengalami hal ini . Tinta yang mengalir dari tabung infus melalui selang kemasukan angin sehingga menyebabkan tinta berhenti berjalan menuju catridge . karena tinta tidak tersuply dengan baik di catridge printer mencetak dengan hasil bergaris dan putus - putus .
    Cara Mengatasi :
  • Pastikan kalian tidak telat dalam mengisi tinta (hal pertama yang menyebabkan masuk angin ) . Lancarkan jalanya tinta dengan mengeluarkan angin yang berada di selang infus .Dengan berbagai cara yang kalian ketahui , seperti mencabut bagian selang yang berada di catridge agar tinta berjalan , menarik tinta dengan suntik , ataupun dengan menarik tinta melalui head catridge dengan alat khusus .

 5. Masa berlaku Catridge yang sudah melebihi ambang batas

  • Setiap Catridge yang original , semuanya memiliki batas maksimum pemakaian dan pengguna'an dalam mencetak hal ini sering di lupakan karena banyak yang mengakalinya dengan menyutikkan tinta ataupun dengan system infus . walaupun demikian semakin lama catridge tersebut di gunakan , akan semakin lemah sehingga hasil cetak kurang maksimal .
    Cara Mengatasi : 
  • Mengganti Catridge 

Nah itulah dia kelima masalah yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi maslah printer yang melakukan cetak dengan hasil bergaris atau terputus - putus . semoga bermanfaat dan printer kalian dapat berfungsi lagi dengan normal .


Jika kalian rasa Artikel ini bermanfaat kalian dapat membagikanya dengan teman kalian :)

6 Responses to "Hasil cetak printer Bergaris dan putus - putus ? Inilah yang perlu kalian periksa"

  1. Mohon bantuannya saya memakai printer impact receipt printer ec-520. Tulisan nya putus putus sangat tidak jelas susah dibaca. Bagaimana cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa sudah cukup lama pemakaian printer nya ?
      kalau sudah cukup lama bisa jadi ribbon tinta mulai habis kak, jadi coba di cek dulu bagian ribonnya..

      atau kalau ada opsi di pengaturan, bisa di coba dahulu

      Delete
  2. Mohon bantuannya gan.. Saya pakai printwr epaon stylus photo T60.. Hasilnya sih bagus gan... TapI kayak ada garis garis gitu.mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah di coba cleaning manual/tools.. kalau masih belum bisa coba di bersihkan saja sekitaran sensor encodernya

      Delete