Cari Tahu Perbedaan Printer Inkjet, Laser, dan Dot Metrix yang Tepat

Kali ini printer hero akan membahas ulang sedikit informasi tentang printer , Pastinya diantara kalian sudah mengetahui apakah itu printer bukan? bagi yang belum Printer merupakan alat yang dapat digunakan untuk menampilkan suatu data yang telah tercetak (print) di mana data tersebut dapat berupa teks maupun gambar. Media cetaknya juga bermacam-macam mulai dari kertas, sticker, plastik, kaos, dan lain sebagainya dengan suatu istilah yang disebut sebagai DPI (Dot Per Inch) yang artinya suatu jumlah titik di dalam luas area satu inch.


Setelah sebelumnya printer-hero juga pernah membahas mengenai macam-macam jenis printer kali ini akan membahas lebih dalam mengenai perbedaan ketiga tipe printer yang lebih sering dipakai.

Hingga saat ini printer sudah banyak mengalami perkembangan dari waktu ke waktu berkat adanya teknologi yang meliputi desainnya, hasil print, dan juga harganya. Jenis printer juga sudah ada banyak sekali sehingga kita bisa memilih printer sesuai dengan jenis dan kebutuhan kita. Jenis printer yang dimaksud seperti printer inkjet, laserjet, dan dot metrix. Lalu apa ya perbedaan printer inkjet, laser, dan dot metrix tersebut? Mari cari tahu sekarang juga!

Apa perbedaan printer inkjet, laser, dan dot metrix :

Perbedaan jenis-jenis printer sesuai kebutuhan dan fungsinya
Perbedaan printer

Printer Inkjet Printer Inkjet ialah suatu printer yang menggunakan tinta cair untuk mencetak dan kualitas hasil cetakannya tergantung dari merk maupun tipe printer yang digunakan. Tinta yang digunakan untuk printer ini umumnya menggunakan jenis dye sehingga cetakannya terlihat baik tetapi sedikit cepat pudar. Ada jenis tinta lainnya seperti tinta pigmen yang tidak cepat pudar serta lebih tahan lama. Banyak orang yang memilih printer jenis ini karena harganya relatif lebih murah.


Printer Laser Printer laser atau disebut juga laserjet ini merupakan printer yang di dalamnya menggunakan tinta bubuk atau sering disebut sebagai toner dan juga terdapat satu pencetak yang disebut sebagai drum. Cara kerja dari printer ini pun tak jauh berbeda dengan mesin fotocopy sehingga hasil dari cetakannya pun juga akan lebih cepat kering. Diketahui bahwa printer ini memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan printer jenis lainnya.

Printer Dot Metrix Printer Dot Metrix merupakan salah satu jenis printer yang diketahui metode pencetakannya menggunakan pita dan hasil dari cetakannya pun seperti banya titik yang saling berhubungan dan membentuk satu huruf maupun gambar sehingga terlihat kurang bagus. Umumnya printer ini digunakan di perkantoran, supermarket, maupun industri yang banyak mencetak data laporan maupun dokumen lainnya. Cara kerjanya pun mirip seperti mesin tik yang dapat dicetak dengan lebih dari
satu lembar sekaligus.

Nah, setelah kita mengenal perbedaan printer inkjet, laser, dan dot metrix tersebut kini lebih mudah Menentukan printer yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan bukan?

Khusus untuk Anda yang lebih sering melakukan pencetakan dengan harian bisa menggunakan printer inkjet, sementara untuk Anda yang lebih tinggi pemakaian nya, aktif di kantor dan perlu hasil cetakan cepat bisa menggunakan printer laser, dan yang terakhir dotmatrix lebih cocok digunakan untuk keperluan kasir.

Demikian sedikit informasi singkat mengenai jenis dan juga perbedaan dari ketiga jenis printer yang dapat kita temui di pasaran dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cari Tahu Perbedaan Printer Inkjet, Laser, dan Dot Metrix yang Tepat"

Post a Comment