12 Tips Merawat Printer Supaya Tahan Lama

Tips Merawat Printer Agar Tahan lama - Printer memang dikenal sebagai alat pencetak yang paling dicari untuk segala kebutuhan aktivitas, seperti perkantoran, sekolah, pertokoan, maupun untuk pencetakan foto. Printer sendiri menggunakan media untuk dapat menghasilkan cetakan yang berasal dari layar digital kalian menjadi hasil nyata di kertas maupun media lain.


Tips Merawat Printer Supaya Tahan Lama
Tips Merawat Printer agar Tahan Lama

Tips merawat printer agar tahan lama sendiri ada pada cara pemakaian setiap harinya. Pengguna'an printer sendiri ada berbagai macam cara seperti pemakaian printer secara kasar, pemakaian santai, pemakaian printer untuk pencetakan dengan frekuensi tinggi, bahkan ada pula yang hanya ingin memiliki printer dan membiarkanya menganggur di tempat.

Pastinya Anda semua memiliki keinginan agar printer awet tahan lama hingga bertahun-tahun, Akan di sayangkan jika kita sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli printer, baik itu printer inkjet,laserjet maupun dotmatrix dengan fitur dan fasilitas lengkap tapi kita tidak merawat printer dengan baik, yang ada printer akan rusak dan kita menghabiskan uang untuk membeli lagi.

12 Tips Merawat Printer Supaya tahan lama :


1. Pengguna'an printer yang teratur dan konsisten perlu diterapkan, jangan sampai printer berhenti melakukan proses cetak atau bahkan tidak digunakan sama sekali, hal ini terutama pada printer inkjet karena menggunakan tinta cair, dan jika tidak melakukan proses cetak sama sekali tinta yang ada pada head catridge akan mengering dan menyebabkan tinta tersumbat.










2. Kebersihan printer perlu dijaga secara rutin hal ini untuk menghindari printer kemasukan debu dan kotor, jika printer sampai kemasukan debu secara terus menerus dan menumpuk di dalam sparepart terkena debu akan mengabatkan error.

3. Kebersihan lingkungan printer area atau lingkungan disektar printer perlu juga di perhatikan karena jika printer berada di area yang banyak aktivitas dan printer bisa jadi printer dapat kemasukan benda asing yang akan menyebabkan kerusakan.

4. Penempatan printer harus tepat, dan jangan di letakan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, printer juga harus di letakan pada tempat yang di suhu nomraman dan tidak terkena sorotan matahari langsung, dan lingkungan printer yang
  
5.
Memanfaatkan fasilitas Head Cleaner pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta tetap lancar dan keluar dengan lancar.

6. Mematikan printer dengan benar, proses mematikan printer dengan menekan tombol power adalah cara yang mesti dilakukan sehingga posisi catridge kembali ke posisi semula, jangan terbiasa mematikan printer secara paksa dengan mencabut kabel dari listrik.




7. Pengguna'an kertas sesuai dengan standart cetak yang disarankan oleh printer, seperti ukuran kertas berat kertas tidak terlalu tebal maupn terlalu kecil, dan kertas yang masih bagus tidak kusut.

8. Ketika printer sudah cukup lama tidak digunakan dan printer tidak tertutup usahakan untuk membersihkan kertas yang terpasang di dalam tray, bisa jadi debu sudah menumpuk di atas kertas yang terpasang, debu akan menyumbat dan menyebabkan catridge rusak.





9. Memberi cover pada printer agar tetap tertutup, hal ini selain membuat printer terhindar dari debu memberikan cover yang semi plastik dapat menghindarkan printer dari tumpahan ataupun tetesan air.

10. Pengguna'an printer pasti akan membuat tinta terus menerus berkurang, ketika melakukan isi ulang tinta disarankan tetap menggunakan tinta original resmi dari printer. Ini membuat kualitas cetakan tetap bagus dan catridge tidak mudah rusak.

11. Selalu rutin untuk melakukan pemeriksaan sisa tinta pada printer, jangan sampai tinta benar-benar habis hingga kosong, hal ini akan dapat berakibat masuknya udara pada catridge, sama juga pada printer dengan sistem infus, jika lupa tidak mengisi tinta udara akan masuk kedalam selang.

12. Ketika mengisi ulang tinta printer diusahakan tetap tidak menyentuh chip yang terdapat pada catridge dengan tanga, karena dapat merusak sensor yang terdapat pada chip tersebut.


Itulah dia 12 tips merawat printer agar tetap tahan lama dan tidak mudah rusak, hal ini ditulis berdasarkan beberapa pengalaman pribadi saya, karena jujur saya sendiri pernah tidak melakukan hal ini, dan printer canon MG2570 yang saya miliki akhirnya tidak dapat dipakai, dan terutama Jangan pernah membongkar printer tanpa pengalaman karena akan menyebabkan kerusakan yang tidak di inginkan, semoga bermanfaat.

0 Response to "12 Tips Merawat Printer Supaya Tahan Lama"

Post a Comment