Tips Cara Menggunakan Printer Infus

Cara pemakaian Printer Infus dengan benar - Bagi Anda pemilik dan pengguna printer infus atau yang sering disebut dengan printer modifikasi, perlu untuk memperhatikan berbagai macam aturan - aturan menggunakan printer infus dengan baik, hal ini untuk menghindari resiko jangka panjang awetnya sebuah hardware komputer ini.


Cara pemakaian Printer Infus dengan benar
Cara pemakaian Printer Infus dengan benar

Printer infus memang membutuhkan perawatan yang lebih signifikan daripada printer normal/biasa yang menggunakan pencetakan dengan catridge saja. Hal ini dikerenakan ada tambahan fungsi yang di lebihkan untuk mendapatkan hasil cetakan yang lebih banyak. jika perawatan dan pengguna'an printer infus sendiri masih asal-asalan dapat memicu printer infus tidak berfungsi secara optimal.



Kelebihan lainya dengan pengguna'an atau merubah printer menjadi sistem infus adalahpengguna printer akan lebih mudah untuk melakukan isi ulang tinta, mendapatkan jumlah cetakan lebih banyak, terhindar dari kehabisan tinta, lebih mudah untuk memanagement ketika tinta akan habis.

Tetapi selain itu banyak juga Tata Cara pengguna'an dan perawatan pirnter infus, yang baik dan perlu di praktikan antara lain :

1. Peletakan dan Penempatan Tabung Tinta.



  • Pertama dan terpenting yang diperhatikan adalah dimana dan bagaimana meletakan tabung tinta infus yang benar, Posisi tabung infus harus sejajar dengan printer dan jaraknya tidak jauh dari printer. jangan sampai posisi peletakan tabung infus di bawah bahkan melebihi di atas printer.
2. Penutupan tabung tinta ( Katup penutup tangki)

Penutupan tabung tinta ( Katup penutup tangki)

  • Pentup tabung tinta disini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan dan memposisikan tinta di dalam tabung tetap pada posisinya. apa artinya ?? disini tangki tabung tinta memiliki dua bagian yaitu kecil dan besar, di bagian bawah tabung terdapat saluran kecil yang menjaga alur tinta berjalan ke tabung sebeahnya, Dengan menggunakan katup - katup yang ada pada bagian atas tabung akan membuat tinta tetap pada posisinya.

    Dimana tinta bagian tabung kecil harus lebih sedikit ( sebisa mungkin sejajar dengan letak/tinggi catridge ) dan di tabung tinta besar adalah penampungan tinta. Jika terjadi tinta di dalam tabung tingginya sejajar dapat mempengaruhi alur proses berjalanya tinta ke catridge.

    Pemakaian/ Pengguna'an katup penutup tabung yang benar :
  • Dalam keadaan cetak atau pengguna'an posisi katup penutup yang kecil harus terbuka, dan katup besar tetap menempel dan menutup.
  • Ketika akan mengisi tinta ke tabung, katup kecil harus di tutup terlebih dahulu, lalu buka katup besar, lalu isikan tinta baru ke tabung tangki besar ( mengisi tinta ke tabung besar )
  • Ketika akan memindahkan tabung, posisi kedua katup harus tertutup rapat.
  • Jangan sampai kedua katup terbuka , ini penyebab tinta menjadi sejajar.
  • Tinta harus di isi tinta baru sebelum melebihin sisa 2-3 cm, untuk menghindari udara masuk.
 3. Jika terjadi kesalahan tingkat tinta pada tangki
  •  Jika tinta di dalam tabung kecil lebih tinggi posisinya daripada tangki besar, anda harus menguranginya sehingga kembali ke tinggi yang di sarankan (kecil rendah , Besar tinggi).
Cara menguranginya yaitu dengan :

1. Buka kedua katup penutup tabung tinta,
2. Kurangi isi tinta pada tabung besar dengan cara menghisap tinta dengan suntik hingga tinta yang tersisa hanya setengahnya ( dari kondisi awal).
3. Sedikit miringkan tangki ( Besar di bagian bawah , dan kecil di atas ) ini untuk mengurangi banyaknya tinta di tangki kecil dan memnidahkanya ke tangki besar, ketika sudah berpindah cukup banyak ( jangan sampai habis ) tutup kembali katup di tangki kecil.
5. luruskan kembali tabung tinta ke posisi semula, lalu tutupkan katup besar.
6. Buka kembali katup kecil agar tinggi tinta kembali seperti semula 
7. jika ingin menambahkan tinta kembali ( tutup katup kecil , buka katup besar, lalu suntikan tinta )

 4. Pengaturan Selang Infus
  • Selang infus harus ditata dengan bagus dan bebas, artinya ha ini untuk menghindari tertekuknya selan sehingga tinta dari tabung tidak mengalir menuju catridge dan terjadi penyumbatan.
5. Jika terdapat udara di dalam selang menuju catridge
  • Hal ini sering di jumpai pada printer infus, yaitu di bagian selang terdapat angin, untuk mengatasinya adalah dengan melakukan head cleaning/deep cleanig ( baca melakukan head cleaning dengan benar ) ini akan menarik tinta keluar dan membuangnya melalui catridge.
6. Menjaga kebersihan tabung.
  • Perlu untuk melakukan pembersihan di area dan di bagian tabung, hal ini juga penting , karena katup selalu terbuka. debu akan lebih mudah masuk kedalam tabung dan tercampur ke tinta, hal ini jika terus menerus terjadi akan mengakibatkan, tinta bercampur debu(kotoran) mengalir menuju catridge, lama kelamaan akan menyebabkan catridge menjadi tersumbat dan rusak.

7. Pemakaian printer secara rutin.
  • Jika memang Anda semua sudah memiliki langkah untuk memodif printer menjadi sitem infus, Anda perlu menggunakan printer secara rutin setiap hari atau minimal dalam satu minggu 4 kali, hal ini untuk menghindari proses mampetnya head akibat tinta yang mengering di bagian kepala head. ketika head mulai terkena masalh ini hasil cetakan akan berkurang kualitasnya.

0 Response to "Tips Cara Menggunakan Printer Infus"

Post a Comment