2 Cara Mudah Memperbaik printer sendiri

Cara Mudah Memperbaiki Printer Sendiri yang Bermasalah

Cara Mudah Memperbaiki Printer Sendiri – Printer merupakan salah satu sarana yang biasanya melengkapi komputer atau laptop. Di kantor, di rumah ataupun di beberapa tempat tertentu printer sangat dibutuhkan, terutama apabila kita berada di bagian yang memang membutuhkan proses printing atau penyetakan gambar dan tulisan ke dalam media kertas. Oleh karena itu, apabila terjadi trouble atau masalah di printer, maka kita pasti akan pusing dan bingung akibat pekerjaan kita yang terganggu.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan beberapa tutorial singkat yang akan anda butuhkan ketika anda mengalami masalah pada printer anda. Di bawah ini akan saya kategorikan beberapa masalah yang mungkin muncul ketika anda akan menggunakan printer.

Cara Mudah Memperbaiki Printer Sendiri

Cara Mudah Memperbaiki Printer Sendiri

Masalah masalah atau trouble yang muncul ketika anda menggunakan printer :

1. Printer Tidak Terdeteksi Karena Driver Bermasalah

Pada saat menginstal printer anda di komputer atau laptop anda. Tentunya setelah itu anda telah memiliki driver printer di komputer tersebut. Pada suatu ketika, bisa jadi driver tersebut mengalami masalah sehingga anda harus melakukan install driver kembali.

Cara Penyelesaian :
Silahkan anda cari di google dengan keyword, “driver printer bla bla bla windows/linux/mac”, sesuaikan dengan sistem operasi computer anda. Setelah itu download software driver tersebut kemudian lakukan install ulang driver pada computer anda.

2. Printer Mengalami Kekurangan Tinta

Masalah ini merupakan masalah yang umum terjadi ketika printer telah digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini berlaku utuk printer yang tidak menggunakan sistem infus sehingga perlu dilakukan pengisian ulang tinta pada cartridge printer anda.

Cara penyelesaian untuk tinta tanpa infus :
Dilakukan pembelian ulang tinta yang sesuai dengan merk printer, lebih baik menggunakan tinta bawaan printer atau tinta yang merknya sama saat printernya masih baru. Kemudian dilakukan pengisian ulang cairan tinta tersebut.

Note : Jangan sampai salah memasukkan tinta, masukkan tinta sesuai dengan warna masing masing di cartridge agar tidak terjadi kontaminasi warna.

Apabila anda menggunakan sistem infus, biasanya kekurangan tinta ini disebabkan cairan tinta di selanjg mengalami penyumbatan atau ada gelembung udara yang masuk, sehingga tinta tidak bisa berjalan dari wadah menuju cartridge tinta tersebut.

Cara Penyelesaian :
Melakukan proses Cleaning sebagaimana yang tertera pada maintenance printer. Untuk proses cleaning biasanya terdapat pada bagian Setting ketika kita membuka kotak dialog Printer.

Secara umum beberapa masalah yang sering terjadi adalah masalah tersebut. Jadi apabila anda sudah terbiasa mengotak atik sendiri, anda bisa belajar lebih banyak untuk mengatasi trouble printer. Namun jika pengetahuan anda tidak banyak, alangkah lebih baik untuk menanyakan pada ahlinya agar printer tersebut tidak malah rusak.

Demikian artikel printer-hero kali ini mengenai Cara Mudah Memperbaiki Printer Sendiri yang Bermasalah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "2 Cara Mudah Memperbaik printer sendiri"

Post a Comment