Hasil cetak printer Bergaris dan putus - putus ? Inilah yang perlu kalian periksa

Hasil cetak printer Bergaris dan putus - putus ? Salah satu hal berikut mungkin penyebabnya .


Mengalami masalah printer mencetak bergaris dan putus - putus sering kali di temi pada printer Epson, Canon , Hp , dan beberapa merek printer lain . Kenapa bisa printer mengeluarkan hasil cetak yang jelek seperti itu ? biasanya karena printer terlalu sering sekali digunakan , ataupun printer sudah lama tidak terpakai .

Cara mengatasi Hasil cetak bergaris dan putus - putus
Cara mengatasi Hasil cetak bergaris dan putus - putus 

Printer yang mengalami masalah seperti ini memiliki beberapa macam penyebabnya .Resiko yang sangat parah jika printer mengalami masalah ini yaitu harus membeli catridge baru , dengan mengganti catridge itu akan sangat merugikan kalian karena harga catridge lumayan menguras dompet :3 .Kurang maksimalnya pengetahuan tentang masalah ini pasti menyebabkan bingung . Tapi untuk lebih pastinya kalian dapat memeriksa dengan cermat dan mencocok kan dengan beberapa penyebab printer bergaris dan hasil cetak putus - putus yang akan printer-hero jabarkan berikut ini :

Masalah - Masalah yang sering Terjadi Hingga Mengakibatkan Printer Mencetak Bergaris dan putus putus :


1.Tersumbatnya Head Catridge

Tersumbatnya Head Catridge

Tersumbatnya Head Catridge

  • Hal ini terjadi karena beberapa masalah seperti , Lama membiarkan printer tidak melakukan cetak alias (terlupakan) sehingga menyebabkan tinta menggumpal di bagian head catridge , tabung infus ataupun daerah printer yang kurang terjaga kebersihanya , biasanya debu dan kotoran akan masuk kedalam tabung dan menjadii satu dengan tinta , sehingga menjadi gumpalan yang membuat head catridge tersumbat .
    Cara Mengatasi :
  • Bersihak secara halus di bagian head dengan tisu
  • Rendam Dengan air hangat ( Kurang di rekomendasikan )
  • Jika perlu bawa catridge ke service terdekat , untuk di lakukan penyedotan dengan alat khusus.


2. Bagian Timing Strip / Encoder Kotor dan Terkena Tinta .

Cara mengatasi hasil cetak printer bergaris dan putus putusCara mengatasi hasil cetak printer bergaris dan putus putus


  • Timing Strip atau yang lebih sering di sebut Encoder printer jarang sekali di pikirkan pada masalah hasil cetak bergaris dan putus - putus ini , padahal sering kali encoder ini menjadi penyebabnya .Biasanya terjadi karena seringnya printer bekerja , dan sesekali ada hasil cetak yang nyangkut atau paper jam , menyebabkan encoder menjadi terkena tinta dan kotoran . hal ini menyebabkan encoder susah terbaca oleh mesin di bagian rumah catridge .
    Cara Mengatasi :
  • Bersihkan Encoder yang berada di bagian belakang rumah catridge dengan Tisu halus . usahakan membersihkannya secara hati - hati , dan menyeluruh.

3. Lakukan Head Cleaning atau pembersihan bagian cetak 

Head Cleaning pada Printer Epson untuk mencetak tidak bergaris dan putus- putus
Head Cleaning pada Printer Epson 

  • Head Cleaning perlu di lakukan jika kalian mendapati printer kalian mencetak dengan hasil yang bergaris dan putus - putus . tapi sebelum melakukan head cleaning ada baiknya kalian melakukan Nozle Check untuk mengetahui hasil dari cetak normal Catridge dalam keada'an seperti apa . dan jika hasilnya tidak seperti contoh(sempurna) yang di tayangkan di layar . maka kalian wajib melakukan Head Cleaning / Cleaning untuk mengeluarkan (membersihkan) sebagian tinta di bagian catridge agar hasil cetak menjadi sempurna dan lancar .  

 4. Tinta tidak tersalurkan ke catridge

  • Bagi kalian yang menggunakan printer dengan modifikasi infus , pasti akan mengalami hal ini . Tinta yang mengalir dari tabung infus melalui selang kemasukan angin sehingga menyebabkan tinta berhenti berjalan menuju catridge . karena tinta tidak tersuply dengan baik di catridge printer mencetak dengan hasil bergaris dan putus - putus .
    Cara Mengatasi :
  • Pastikan kalian tidak telat dalam mengisi tinta (hal pertama yang menyebabkan masuk angin ) . Lancarkan jalanya tinta dengan mengeluarkan angin yang berada di selang infus .Dengan berbagai cara yang kalian ketahui , seperti mencabut bagian selang yang berada di catridge agar tinta berjalan , menarik tinta dengan suntik , ataupun dengan menarik tinta melalui head catridge dengan alat khusus .

 5. Masa berlaku Catridge yang sudah melebihi ambang batas

  • Setiap Catridge yang original , semuanya memiliki batas maksimum pemakaian dan pengguna'an dalam mencetak hal ini sering di lupakan karena banyak yang mengakalinya dengan menyutikkan tinta ataupun dengan system infus . walaupun demikian semakin lama catridge tersebut di gunakan , akan semakin lemah sehingga hasil cetak kurang maksimal .
    Cara Mengatasi : 
  • Mengganti Catridge 

Nah itulah dia kelima masalah yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi maslah printer yang melakukan cetak dengan hasil bergaris atau terputus - putus . semoga bermanfaat dan printer kalian dapat berfungsi lagi dengan normal .


Jika kalian rasa Artikel ini bermanfaat kalian dapat membagikanya dengan teman kalian :)

0 Response to "Hasil cetak printer Bergaris dan putus - putus ? Inilah yang perlu kalian periksa"

Post a Comment