Macam - Macam Jenis Printer

Macam - Macam Jenis Printer ( Canon , Epson , Dll )


Macam - Macam Jenis Printer semakin lama semakin memenuhi pasar penjualan printer  lokal maupun dunia dari yang paling canggih dengan berbagai macam fitur beserta fungsinya dan yang paling classic dengan fitur standart hanya untuk melakukan printing , Printer sendiri merupakan tergabung dalam golongan Hardware/Perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai alat pencetak atau alat untuk menghasilkan/menampilkan data dalam bentuk cetakan , baik berupa tulisan/teks maupun gambar/grafik dari komputer ke kertas atau sejenisnya . Printer sendiri terbentuk dari beberapa bagian inti di dalamnya , yaitu :

Macam - Macam Jenis Printer
Macam - Macam Jenis Printer



Bagian - Bagian Printer :
  1. Picker : sebagai alat untuk mengambil kertas dari Tray.
  2. Tray : sebagai tempat menaruh kertas .
  3. Power Input : sebagai tempat terhubungnya antara daya (listrik Menuju Printer)
  4. Konektor ( usb / wifi ) : sebagai perantara bertukarnya data dari komputer/smartphone menuju printer
  5. Tinta atau toner : sebagai bahan baku utama dalam proses cetak
    - Tinta : bahan baku printer berupa cairan dengan warna dan kualitas yang berbeda - beda
    - Toner : bahan baku printer berupa bubuk yang pengguna'anya melalui proses pemanasan
  6. Tabung tinta : sebagai tempat untuk menampung tinta ( bisa include ataupun tidak berasal dari printer)
  7. Berbagai Bagian - Bagian Printer Lainya .. 

Dengan semakin berkembangnya teknologi semakin banyak karya cipta dan inovasi - inovasi terbaru di dunia teknologi dan juga printer . dan teknologi yang saat ini di kembangkan di dunia printer adalah printer 3 Dimensi (3D) yang dapat menciptakan bentuk dan model yang nyata bukan hanya dalam selembar kertas . tapi jenis printer ini masih awam sekali untuk umum ,  jadi kita akan kmbali ketopik yaitu Macam - Macam Jenis Printer ada 4 tipe yang akan printer-hero bahas.

Macam - Macam Jenis Printer yaitu :

1.Printer 3 Dimensi (3D)

Jenis Printer 3dimensi yang berkembang
Jenis Printer 3dimensi yang berkembang

Printer 3dimensi atau Additive Layer Manufacturing adalah teknologi terbaru di dunia printing  . Printer jenis ini masih tergolong jenis printer yang tercanggih yang masih di kembangkan oleh perusaha'an besar di jepang dan beberapa negara lainya , cara kerja dari printer 3dimensi ini adalah proses membuat objek prototype padat 3 dimensi atau bentuk apapun dari model digital yang berbahan dasar karet , plastik , dan metal .

Jenis Printer 3dimensi yang berkembang
Jenis Printer 3dimensi yang berkembang

Dengan rangkaian proses yaitu printer membaca rancangan tiga dimensi dan mulai menyusun lapisan demi lapisan hingga terus menerus untuk membangun model . Lapisan-lapisan ini yang dihubungkan oleh model virtual (3d model) digabungkan secara otomatis untuk membentuk susunan lengkap yang utuh. Keunggulan utamanya adalah mesin printer 3d dengan teknik ini dapat membuat bentuk apapun sesuai keinginan pembuatnya .


2. Printer Dot Matrix

Macam Jenis Dot Matrix Printer

Printer Dot Matrix bisa di bilang jenis Printer yang paling lama karena memiliki fungsi dasar yang meniru mesin tik jaman dahulu, walaupun seperti itu printer tipe ini paling banyak digunakan. karena beberapa kelebihanya , kekuranganya pada tipe printer ini masih menggunakan pita . Proses kerjanya head langsung bertemu dengan pita .Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf . mencetak tulisan atau gambar dengan menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Bentuk gambar atau karakter dihasilkan dari kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan dicetak. Pola jarum diletakkan pada karbon dan akan membentuk pola yang dikehendaki di kertas dalam bentuk matrik 7 baris 5 kolom atau 9 baris 7 kolom atau 9 baris 9 kolom.

- Kelebihan :
Dapat mencetak kertas rangkap sekaligus.
Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.
Biaya printer dan tinta (Pita) murah.
- Kekurangan :
Resolusi / Dpi yang rendah
Proses Cetak yang lama
Mengeluarkan suara bising saat printing
Hanya terdapata 1 warna yang dapat di gunakan.

3. Printer InkJet



Printer InkJet merupakan jenis printer yang sangat favorit dan paling sering kita jumpai dimanapun , dengan berbagai macam type produsen printer seperti canon , epson , hp yang selalu mengeluarkan inovasi model printer InkJet terbaru . Cara kerja printer Inkjet yaitu dengan menyemprotkan tinta ke kertas melalui pipa kecil yang berada pada head/catridge sehingga membentuk sebuah karakter atau grafik . dengan system kerj tinta di semprotkan dan di arahkan ke bidang sasaran oleh satu atau lebih electronic deflector yang mengatur posisi horizontal dan vertikal dari tinta yang di semprotkan . Hasil cetakan printer Inkjet memilki kualitas yang sangat baik (tergantung pada kualitas resolusi printernya) karena karakter di bentuk dari titik - titik tinta kecil yang menyatu dan membentuk karakter / gambar yang sempurna .
- Kelebihan :
Resolusi Dan Dpi yang di hasilkan Tinggi
Lebih mudah dalam mencetak gambar dan warna .
Kemampuan mencetak sampai kertas yang lebar dan kualitas yang baik
- Kekurangan :
Tidak Bisa mencetak Kertas Rangkap
Biaya Operasional lebih mahal
Biaya perawatan lebih Mahal
Terbatas oleh ukuran maks cetak Catridge

4. Printer Laser Jet 

Macam - Macam Jenis Printer Tipe LaserJet
Macam - Macam Jenis Printer Tipe LaserJet

Printer tipe LaserJet merupakan printer yang menggunakan toner sebagai bahan baku dan pencetakan nya menggunakan infra merah . Laser Jet ini menggunakan sistem gabungan dari teknologi xerographic (sering di gunakan pada mesin fotokopi) dan teknologi laser Dengan sistem ini, output digital komputer akan diubah menjadi pulsa sinar laser dan ditembakkan ke suatu drum yang peka terhadap sinar laser. Bayangan yang ditangkap dalam drum akan dikirim ke kertas dengan proses seperti mesin fotokopi. Printer Laser membentuk karakter dalam bentuk titik-titik yang sangat kecil dan rapat, sehingga menghasilkan kualitas karakter yang baik.

Printer tipe ini memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi ,bahkan pada tipe laser termurah sekalipun kecepata cetaknya lebih cepat dari InkJet ataupun Dotmatrix.Printer tipe ini sangat tepat digunakan pada tempat yang memiliki frekuensi cetak yang tinggi seperti di perkantoran .

- Kelebihan :
Kecepatan mencetak yang tinggi
Proses Cetak 3x lebih cepat dan akurat
Prosescetak banyak halaman hanya butuh waktu yang singkat

- Kekurangan :
Pengguna'an 1 warna (hitam saja)
Printer Laser Warna Yang harganya 2x lipat Printer Inkjet

Tidak ada tabung tambahan pada tempat toner .

0 Response to "Macam - Macam Jenis Printer "

Post a Comment