Kode Error Printer Brother Dan Solusinya

Kode Kesalahan pada Printer Brother Dan sulusinya 

Kode Error Printer Brother - Bagi kalian yang sering menggunakan printer tidak pernah luput dari kesalahan , baik itu kesalahan yang di sebabkan oleh pemakai ataupun masalah pada printer . terkadang di saat kita salah menggunakan atau printer mengalami error printer akan memunculkan tampilan pemberitahuan berupa kode mengenai kesalahan yang terjadi , baik itu masala seperti pada head catridge tidak terbaca , roller rusak , printer menyangkut atau papper jamp terus menerus . Nah untuk kode - kode itulah yang kali ini akan printer-hero bahas . yaitu daftar kode error pada printer brother .

Daftar Kode Error Printer Brother
Daftar Kode Error Printer Brother

Kode error pada printer Brother , penyebab terjadinya eror dan solusi untuk mengatasi error akan di bahas di sini . kode ini biasanya muncul pada Printer Brother Inkjet DCP dan MFC Series. kode eror ini berarti kesalahan yang terjadi pada mesin atau sparepart . yang pastinya memerlukan perbaikan untuk mengatasinya :

No Error Code Penyebab Solusi
1 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39, 3C, 3F mesin tidak bekerja karena kemacetan. Kertas ( papper Jam ) Mengatasi dan membersihkan kemacetan kertas
2 40,42,43,44  suhu di bagian internal printer terlalu tinggi. (panas ) Cabut printer dari stopkontak dan jika bisa kalian letakan printer di area yang bersuhu dingin .atua bersuhu normal
3 46 tinta absorber pad penuh dan perlu diganti. Menggantikan tinta limbah Absorber pad kemudian melakukan prosedur iperesetan Hal ini hanya di lakukan untuk DCP atau MFC Model
4 48 , 4F ada masalah pada ( Head )kepala cetak ada masalah pada bagian Head cetak, silakan hubungi layanan service kalian.
5 49 suhu internal terlalu rendah. (dingin ) Cabut kabel power printer ,dan letakan pada daerah yang lebih hangat atau bersuhu normal
6 50,51,52,57, 5A, 5B, 5C, 5D , 6F 5E, 6C, 70, 71, 72, 73, 7A , 7d terjadi masalah satu  atau terjadi  masalah pada  sensor. Mengatasi kertas yang tersangkut (paperjam). Jika masalah masih berlanjut setelah membersihkan kemacetan kertas, bersihkan encoder strip di belakang head printer
7 8F terjadi masalah pada feed / penarik kertas . Melakukan servis atau penggantian penarik kertas .
8 A5, A6, A7, A8, AF  ada masalah pada bagian scanner. Cek apa ada masalah , atau bawa ke tempat service terdekat
9 E2, E3 Terdapat masalah Pada Main PCB  Ganti PCB Mainboards

Kode Kesalahan Printer Brother , Penyebab Dan Solusinya dapat kalian lihat pada tabel di bawah ini :


Nah pada Tabel di atas Dapat dilihat Permasalah dan solusi singkat untuk mengatasi masalah error yang terjadi pada printer Brother . Untuk Penjelasan lebih lengkapnya akan kita bahas satu persatu :

  • Kode Error 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F pada printer Brother Masalah : Paper Jam ( kertas tersangkut ) Mungkin kalian sudah mengeluarkan kertas yang menyangkut di bagian dalam tetapi kalian tetap mendapati kode ini muncul , Bisa jadi masih ada sisa sobekan yang berada di dalam printer .
    Solusi : Buka Scanner cover , dan cover bagian belakang cari sisa kertas yang tertinggal , tambahkan penerangan jika masih tidak terlihat , ambil sisa kertas dengan hati - hati tanpa menimbulkan kerusakan pada bagian lainya .

  • Kode Error 40,42,43,44 pada printer BrotherMasalah : Suhu atau temperatur di dalam printer terlalu panas , mungkin terjadi karena pengapnya tempat yang kalian gunakan menaruh printer , atau terkena sinar matahari dari jendela secara langsung.
    Solusi : Buka bagian - bagian covernya , biarkan beberapa saat agar suhu panas keluar  , setelah dingin coba nyalakan kembali .

  • Kode error 46 pada printer brotherMasalah : Tangki tempat pembuangan tinta sudah penuh dan perlu untuk mengganti busa penahan tinta.
    Solusi : dapat melakukan Reset atau Mengganti busa tempat penahanan tinta pembuangan (absorber pad).


  • Kode Error 48, 4F pada printer brotherMasalah : Print head mengalami masalah . bisa jadi  Print head rusak, tersangkut alias tidak bisa bergerak.ataupun mengalami masalah lainya .
    Solusi : Lebih baik di bawa ke tempat service langganan kalian , hal yang mungkin dapat kalian coba yaitu melakukan cek apakah terdapat benda asing yang menyangkut sehingga mengganggu gerak print head , atau terdapat kertas yang menyangkut di situ .



  • Kode error 49 pada printer brotherMasalah : Temperatur di dalam printer terlalu rendah yaitu terlalu dingin. Mungkin area kalian meletakan printer ini berada pada tempat yang memiliki suhu yang cukup dingin atau berada di bawah AC , sehingga udara menjadikan printer seperti itu .
    Solusi : pindahkan tempat kalian meletakan printer tadi ke tempat yang memiliki suhu normal . 



  • Kode error 50,51,52,57,5A,5B,5C,5D,5E pada printer berotherMasalah : Masalah yang mungkin terjadi yaitu hampir sama dengan masalah di no.1 tapi perbedaan yang dapat saja terjadi pada kode error ini yaitu permasalahan pada sensor. Sensor mungkin mengalami kerusakan ataupun kotor yang menyebabkan printer tidak dapat bekerja secara normal
    Solusi : Bersihkan kertas yang menyangkut , dan jika masih tidak dapat berjalan normal coba bersihkan encoder strip di belakang kepala printer ( jika kalian tidak dapat melakukanya sendiri gunakan jasa servis untuk mengatasi masalah lain yang lebih serius )



  • Kode error 8F pada printer brotherMasalah : Terjadi kerusakan atau gangguan pada bagian penarik kertas . bisa saja bagian feed penarik kertas kotor ataupun rusak .
    Solusi : Selalu lakukan pembersihan dan pencegahan kotoran masuk kedalam printer , coba cek artikel cara merawat printer agar lebih awet dan tahan lama  



  • Kode Error A5 ,A6 ,A7 ,A8 ,AF pada printer brotherMasalah:  Terjadi masalah atau kerusakan pada sparepart atau printer unit , seperti terjadi kerusakan pada kabel power , kabel usb yang putus , scanner trouble , lampu scanner rusak ataupun bagian printer lainya.
    Solusi : Lakukan pengecekan di service langganan kalian ataupun service center brother terdekat.



  • Kode Error  E2 , E3 pada printer broherMasalah : Terjadi masalah pada Motherboard utama di dalam printer . bisa jadi ada kerusakan ringan ataupun masalah yang cukup serius seperti terbakarnya salah satu bagian motherboard , hal ini terjadi karena kurang waspadanya kita dalam meletakan printer , bisa jadi ada tetesan air yang masuk dan menyebabkan masalah pada motherboard
    Solusi : Bawa ke service center terdekat , lakukan perbaikan jika dapat dilakukan perbaikan , tapi lebih baik di ganti motherboard nya daripada mendapati masalah seperti itu lagi .

Berbagai informasi mengenai daftar Kode Error pada printer brother ini di dapatkan printer-hero dari merangkum beberapa sumber terpercaya dan pengalaman dari penulis, semua tulisan sudah di saring dan di rangkum untuk mempermudah pengertian para pembaca , semoga bermanfaat .

0 Response to "Kode Error Printer Brother Dan Solusinya "

Post a Comment